SELAMAT HARI IBU

22 Dec 2010

Tanggal 22 Desember resmi ditetapkan pemerintah sebagai Hari Ibu. Sebuah penghargaan tertinggi dari negara untuk mengarti pentingkan peranan ibu atas hidup suatu bangsa dan negara. Dan di tanggal tersebut, perayaan Hari Ibu diselenggarakan. Mulai perayaan tingkat negara, institusi atau instansi tertentu, hingga perayaan tingkat keluarga.

Perayaan hari ibu tingkat negara atau instansi/institusi tertentu biasanya melalui serangkaian pengaturan acara protokoler tertentu. Sedang parayaan hari ibu pada sebuah keluarga, biasanya dilakukan melalui tradisi keluarga, yakni di hari ibu para suami dan anak-anak mengucapkan selamat kepada isteri dan ibu mereka. Mereka memanjakan para ibu untuk tidak melakukan kegiatan rutin harian. Semua pekerjaan akan dilakukan para suami dan anak-anak. Ibu tinggal menikmati hasilnya.

Dengan cara itu setidak-tidaknya para suami dan anak-anak akan merasakan betapa capeknya melakukan pekerjaan/peranan sebagai seorang ibu. Memasak, membersihkan rumah, menyapu mengepel, mencuci, dan segudang pekerjaan lainnya dilakukan seorang ibu. Bahkan bagi para ibu yang juga bekerja di luar rumah, disamping tugas-tugas harian di rumah, mereka harus dibebani terselesaikannya target pekerjaan mereka di luar rumah.

Dengan merasakan betapa beratnya tugas dan pekerjaan seorang ibu, diharapkan akan muncul rasa sayang dan bangga bahwa ibu mereka adalah wanita hebat. Dan itulah intisari dari hari ibu. Penghargaan setitinggi-tingginya untuk para ibu di Indonesia.

Lepas dari itu semua, maju mundurnya suatu bangsa dan negara, amat sangat tergantung pada ibu. Anda pingin bukti?! Coba saja semua ibu membiarkan anak-anaknya terlantar tanpa perawatan kaum ibu. Pasti deh, semua anak negara akan jadi primitif. Hasilnya?! Negara ambruk. Itu bukti ekstrim atas kehadiran dan peranan ibu. Untuk itu dihari yang indah ini, saya ucapkan:

“SELAMAT HARI IBU”


TAGS Hari Ibu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post