LIBUR TLAH TIBA

18 Dec 2010

Libur tlah tiba……
libur tlah tiba……
Hore…. hore….. hore….

Sebait lagu yang dinyanyikan Tasya mencerminkan kebahagiaan memasuki masa liburan. Libur memang sesuatu yang ditunggu-tunggu. Libur memang menyenangkan. Libur berarti terbebas dari rutinitas. Dan libur memungkinkan kita untuk melakukan apa saja yang kita mau.

Mulai hari ini, sebagian besar sekolah-sekolah di Indonesia memasuki masa liburan sekolah semester gasal. Libur panjang selama dua minggu memang mengasyikkan. Berbagai rencana mengisi liburan tentu pula telah dipersiapkan. Ada yang mau mengunjungi sanak famili di luar kota. Ada yang mengisinya untuk camping, touring, mendaki gunung, kegiatan olahraga, beberes kamar/rumah, bahkan menghubungi biro wisata keluarga untuk memesan paket wisata ke luar negeri pun mungkin telah pula dipersiapkan. Libur memang menyenangkan.

Meski di saat libur kita memiliki kebebasan beraktifitas, tapi sebaiknya libur juga harus dipersiapkan. Liburan macam apa yang akan kita jalani, jika terprogram dengan baik, maka tentu akan membawa manfaat. Lalu, bagaimana kita memprogram liburan? Ikutilah tips berikut ini.

  • Programkan bahwa liburan kita terisi dengan kegiatan bermanfaat, bukan kegiatan yang merugikan diri sendiri terlebih lingkungan. Misal, kita memprogram liburan dengan kegiatan balapan liar, tentu akan memunculkan banyak masalah daripada manfaatnya.
  • Sesuaikan liburan dengan kemampuan financial keluarga kita dan jangan memaksakan diri. Sebagai contoh, kemampuan ekonomi keluarga amat terbatas tapi memprogram liburan ke luar negeri menggunakan paket VIP yang ditawarkan suatu biro jasa.
  • Programkan acara liburan sesuai dengan musim yang terjadi. Sebagai contoh, jika libur di saat musim penghujan, kemudian kita memprogram kegiatan pengisi liburan dengan acara naik gunung, maka akan banyak bahaya yang mungkin kita hadapi. Karenanya, programlah liburan sesuai dengan musim yang tengah terjadi.
  • Buatlah acara liburan yang berkontribusi positif bagi keakraban keluarga dan memiliki nilai edukatif yang baik. Misal, memprogram acara liburan dengan mengunjungi yayasan/asrama yatim-piatu kemudian membuat acara kegiatan yang bermanfaat syukur-syukur bisa menyumbang kebutuhan yang dirasakan anak-anak yatim-piatu.
  • Dan lain-lain acara liburan bisa kita persiapkan dengan sebaik-baiknya.


TAGS Libur Sekolah


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post