TERMASUK TIPE APAKAH KAMU?!

13 Dec 2010

Meski di rumah telah terpasang internet lebih dari tiga tahun, tapi saya menggunakannya baru dalam hitungan bulan, belum tahunan. Ini tentu saja karena kesibukan saya sebagai seorang ibu yang musti juga bekerja, ngurus urusan rumah tangga juga kantor, sehingga tidak pernah sempat berlama-lama di depan komputer.

Ternyata, setelah merasakan betapa asyiknya berselancar di dunia maya, sungguh ini sesuatu yang melenakan. Mangkanya saya setuju sekali atas penggambaran seorang blogger yang mengatakan internet itu ibarat kantong ajaibnya Doraemon, atau tongkat sihirnya Harry Potter. Apapun yang kita inginkan, langsung tersaji dihadapan kita. Dan kita serasa dimanjakan dalam peroleh kebutuhan, khususnya kebutuhan akan informasi.

Namun jika dirasa-rasa, apa yang kita dapat dari internet masih sebatas sifat konsumtif, yakni baru sebatas mengambil / menerima, belum memberi / membuat. Padahal, mulianya seseorang adalah jika dia sebagai pihak pemberi, bukan penerima. Lalu, bagaimanakah kita bisa merubah posisi sebagai pemberi, bukan penerima dalam berinternet?! Itulah barangkali yang berkecamuk dalam diri saya untuk peroleh jawab.

Sebatas pemahaman saya, saya menggolongkan macam-macam orang dalam berinternet menjadi 4 (empat) golongan, yakni konsumen, produsen, penyedia jasa dan cerdik cendekia.

Golongan konsumen, adalah pengguna internet yang melulu hanya menggunakan internet untuk mencari sesuatu. Dia tidak pernah punya inovasi dan pemikiran untuk membuat dan melakukan sesuatu yang memperkaya internet, tapi ya hanya menggunakan saja. Orang golongan ini merupakan mayoritas pengguna internet, dan biasanya paling sering menggunakan fasilitas “download” saat berselancar.

Golongan Produsen, adalah golongan yang paling produktif. Dia menggunakan internet untuk membuat sesuatu yang ditanam di internet. Apa yang dia tanam tersebut selanjutnya akan banyak dicari para pengguna lainnya. Dan golongan produsen ini seringnya menggunakan fasilitas “upload” saat berselancar di dunia maya.

Golongan Penyedia Jasa, atau golongan netter yang mencari keuntungan financial melalui internet. Golongan ini biasanya berprofesi pedagang atau pebisnis lainnya. Mereka berdagang dan berbisnis menggunakan sistem on line, termasuk di dalamnya E-banking dan sejenisnya.

Golongan Cerdik Cendekia, adalah golongan ilmuwan. Mereka menggunakan internet untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Biasanya bukan profit oriented yang diutamakan, tapi kepuasan jika inovasinya bisa meningkatkan harkat martabat manusia.

Dari empat penggolongan di atas, dimanakah letak kita?! Apakah kita telah puas hanya sekedar sebagai pengguna fitur download doang?! Ataukah ada keinginan lain untuk lebih meningkat lagi?! Kalau saya sih, pinginnya ya tidak melulu hanya menerima saja, tapi sebanyak mungkin kalau bisa sebagai pemberi. Disamping puas, Insya Allah dapet pahala. Lalu, bagaimana caranya?! Banyak cara bisa dilakukan. Kita bisa membuat program/software yang berguna untuk selanjutnya kita tanam di salah satu server untuk bisa digunakan orang lain. Kita bisa membuat tulisan yang bermanfaat hingga terbaca orang lain. Kita membuat inovasi-inovasi baru yang bisa mempermudah kehidupan umat manusia, dan segudang cara lain bisa kita lakukan sebatas kemampuan kita.

Sehubungan dengan itu, untuk meningkatkan type golongan saya dalam berinternet bukan hanya sekedar sebagai downloader saja, tapi ingin juga lebih meningkat, maka saya buat blog ini. Apapun yang saya tulis, sebagai harapan bisa bermanfaat. Kalau pun belum, pasti nantinya akan berkembang. Tapi yang jelas sebagai pengguna internet pangkat saya sudah naik satu level, yakni masuk sebagai golongan produsen, atau lebih keren lagi berstatusuploader atau ahli unggahan. He he….. Keren, khan?! Salam blogger saja, deh! Semoga sukses.


TAGS Type Pengguna Internet


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post